Sabtu, 10 Maret 2012

Cara buat mie ayam SOLO


Mie ayam khas Solo. Mendengar namanya saja pastinya sudah terbayangkan oleh Kita bahwa resep masakan yang satu ini berasal dari Solo, Jawa Tengah.
Menikmati mie ayam paling nikmat jika cuaca dingin, apalagi jika cuaca mendung ataupun dingin tersebut memaksa seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Menyajikan masakan yang satu ini rasanya sangat pas untuk makanan dikala berkumpul dengan orang-orang tercinta. Resep mie ayam ini tidak terlalu banyak berbeda dengan mie ayam kebanyakan. Namun menikmati sajian ini di rumah, akan membawa suasana kota Solo ke dalam rumah Anda.
Resep Mie ayam khas Solo    dan    video  cara membuat mie ayam pangsit, berikut :

Bahan:

1/2 kg mie ayam (mie ayam siap beli)
250 gram daging ayam (potong-potong kotak dan rebus)
1 ikat sawi manis (potong-potong)
100 ml minyak ayam (bisa dibeli yang sudah jadi)
10 ml kecap manis
15 ml kecap inggris
100 ml kecap asin
2 batang daun bawang (iris-iris halus)
Bumbu yang dihaluskan:
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit
2 cm jahe
3 butir kemiri
Sedikit gula
Kaldu:
Tulang ayam (sisa daging ayam yang direbus)
2000 ml air
½ sdt lada bubuk
1 sdt garam
Cara membuat:
Rebus bahan untuk kaldu (tulang ayam, lada bubuk dan garam), rebus hingga mendidih. Sementara menunggu kaldu masak, siapkan bumbu yang lain. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang, kemudian masukkan daging ayam yang sudah direbus, tumis kembali tambahkan sedikit gula. Angkat dan sisihkan.
Sajikan mie ayam Solo dengan susunan mie yang sebelumnya sudah direndam kedalam air kaldu lalu tiriskan. Sawi yang sebelumnya sudah direndam ke dalam air kaldu dan sudah ditiriskan. Tambahkan bumbu dan beri sedikit air kaldu. Untuk melengkapi bisa ditambahkan saus tomat dan juga kecap manis.
 di ambil dr Duniadapur


 Video Cara Membuat Mie Ayam Pangsit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Resep Lengkap Disini