Kamis, 10 Oktober 2013

Resep Gulai ayam BatuSangkar Padang

Gulai ayam khas Batusangkar Padang





Masakan Padang mungkin sudah ummum, begitu juga dengan saya "biasa biasa aja rasanya", namun ketika tidak sengaja mencoba di rumah makan Do'a ibu  masakan padang.
ternyata yang jualan orang jogja "kok jualan masakan padang"  "iya saya belajar masak padang"  punya saya padang Batu sangkar  kalo biasanya yg banyak beredar masakan padang Pariaman...  "ooo.. baru tau"
Ternyata setelah saya makan  sunguh terasa beda sekali dengan masakan padang yg selama ini saya coba.. dari  harum baunya hinga cita rasanya yang berbeda.  patut mencoma masakan kas batusangkar bagi yg tidak suka dengan masakan Padang...


hinga akhirnya saya menjelajah dan ada yg sependapat dengan lidah saya.. berikut ini saya copykan tips salahsatu masakan batu sangkar..

Pada dasarnya saya kurang minat dengan masakan Gulai Ayam Padang, Mungkin karena saya yang nota bene orang Jawa, jadi barang kali kurang cocok dengan masakan Gulai Ayam Padang. Tetapi tadi malam istri saya ( kebetulan istri saya orang Minang )memasak Gulai Ayam Padang dengan resep ala Batusangar Sumatera Barat, awalnya begitu melihat masakan tersebut selera makan saya jadi turun, tetapi perasaan itu tidak saya tunjukan ke istri saya, kuwatir istri saya tersinggung aja. Tampilanya masakan tersebut sih biasa aja alias sama dengan Gulai Ayam Padang yang lain, nah saat saya mencicipi masakan Gulai Ayam Padang buatan istri saya tersebut perasaan saya terus langsung berubah, sebab ternyata Gulai Ayam Padang buatan istri saya tersebut lain dari yang lain alias istimewa.
Nah disini saya akan berbagi resep masakan Gulai Ayam Padang ala Batusangkar


Untuk ayam 1 ekor ( ukuran 1 Kg )

Bahan - bahan :

  • ayam 1 kg di potong menjadi 8 bagian atau sesuai selera
  • Cabe merah 15 biji
  • Bawang Merah 12 siung
  • Bawang Putih 4 Siung
  • Jahe -/+ 1.5 cm
  • Kunyit -/+ 1 cm
  • lengkuas -/+ satu telunjuk
  • Kemiri 2 butir
  • ketumbar 1/2 sendok teh
  • daun sere 2 batang
  • Daun Kunyit 1 lembar
  • Daun Salam 2 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • santan kelapa 7.5 ons

Cara membuat:
semua bahan diatas di giling/dihaluskan kecuali daun salam, daun sere, daun jeruk, dan sebagian lengkuas. bahan yang sudah digiling/dihaluskan dimasukan dalam santan beserta daun-daun yang lain, lalu dimasak hingga mendidih sambil diaduk pelan pelan agar santan tidak pecah, setelah santan mendidih masukan seluruh potongan ayam, sambil diaduk tunggu hingga ayam menjadi empuk/matang.
selamat mencoba.

NB:jika santan dirasa terlalu kental bisa ditambah dengan air yg panas secukupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Resep Lengkap Disini